HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR, KECERDASAN NATURALISTIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • Susanti Fakaubun Pendidikan Biologi, STKIP PGRI Papua
  • Roy Marthin Rahanra Pendidikan Biologi, STKIP PGRI Papua
Keywords: Motivasi Belajar, Keceradasan Naturalistik, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini adalah peneltian ex post facto yang bertujuan (i) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi; (ii) mengetahui hubungan kecerdasan naturalistik dengan hasil belajar biologi; (iii) mengetahui hubungan keterampilan proses sains dengan hasil belajar biologi dan; (iv) mengetahui hubungan keterampilan proses sains, kecerdasan naturalistik, dan motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Maluku Tenggara. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Maluku Tenggara semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 51 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik proportional  random sampling. Teknik pengumpulan data melalui metode angket, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terdapat hubungan yang cukup kuat antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar, dengan nilai korelasi sebesar 0,497, (ii) terdapat hubungan yang cukup kuat antara keceradsan naturalistik dengan hasil belajar Biologi, dengan nilai korelasi sebesar 0,469, (iii) terdapat hubungan yang cukup kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi, dengan korelasi sebesar 0,454, dan (iv) terdapat hubugan yang kuat antara motivasi belajar, kecerdasan naturalistik dan keterampilan proses sains dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Maluku Tenggara.

References

Bungawati, Taiyeb., M. A dan Hartati. 2018. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. UNM Journal of Biological Education. 1 (2).
Gardner, H. 2009. Multiple Intelligence: The Theory in Practice. New York: Basic Book.
Hasniati, N. 2017. Hubungan Motivasi, Gaya Belajar dan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Sopeng. Tesis. Program Pascasarjan. Universitas Negeri Makassar.
Iriana, S. 2020. Hubungan Kecerdasan Naturalistik dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Marwah, S. 2017. Hubungan Antara Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Bakat Istimewa SMP Negeri 6 Makassar. Tesis. Makassar: Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar.
Satriani., Taiyeb, M. A., & Mu’nisa. A. 2018. Analisis Hubungan Pelaksanaan Praktikum dengan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Negeri di Kota Bulukumba. Prosiding Seminar Nasional dan Pembelajarannya, 141-148.
Sulfemi, B., W. 2018. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno. Volume 18. No. 1. Tahun 2018.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Akasara.
Wijiastuti, A. 2021. Hubungan Antara Literasi Sains dan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar pada Materi Metabolisme (Uji Korelasi di Kelas XII SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Sarjana Thesis. Universitas Siliwangi.
Published
2023-11-30